0812-2078-1186
Line : kaoskeun

Kenali Perbedaan Sablon Manual Dan Sablon Dtg

IMG_20180828_150809_HDR-300x225 Kenali Perbedaan Sablon Manual Dan Sablon Dtg
proses produksi kaos sablon manual

Ada berbagai macam pakaian yg dapat digunakan  untuk keperluan sehari-hari baik bersantai, bekerja maupun menghadiri suatu acara. Dari berbagai jenis pakaian, Kaos sablon merupakan pilhan yang tepat digunakan sehari-hari, karena kesannya yang sederhana namun, stylis. Selain itu kaos sablon tidak terlepas cara pembuatan atau metodenhya. Metode yang sering digunakan untuk kaos sablon adalah metode DTG (Direct to Garment) atau sablon manual. Dari metode tersebut, penggunaan dan hasil yang didapat tentu berbeda. Berikut adalah perbedaan sablon DTG dan Sablon manual.

 

  1. Cara Kerja Sablon

 

  • Sablon DTG: Sebagai gambarannya , DTG (Direct to Garment) adalah sebuah mesin printer besar yang bekerja langsung mencetak gambar pada media garmen (kain). Jenis printer yang digunakan pun berupa inkjet yang dikombinasikan dengan tinta khusus tekstil.
  • Sablon manual: Sementara sablon manual merupakan teknik sablon yang dikerjakan oleh seorang yang memiliki skill menyablon dengan memanfaatkan peralatan khusus, seperti; Screen (untuk mencetak gambar) Rakel, Meja Sablon, Meja dan Lampu Afdruk, Papan Kaos, dan Noken.
sc-300x222 Kenali Perbedaan Sablon Manual Dan Sablon Dtg
screen sablon manual

 

 

  1. Warna Sablon

 

  • Sablon DTG mampu menghasilkan warna yang gradient atau gradasi.sablon DTG mampu menawarkan hasil sablon yang penuh warna dan mendetail.
  • Sablon yang dikerjakan secara manual menggunakan screen, umumnya memiliki kekurangan perihal warna. Yaitu kurang untuk menghasilkan sablon yang mendetil dan full color.

 

  1. Kualitas Sablon

 

  • Sablon DTG: Sebenarnya, DTG memiliki kualitas sablon yang sangat baik. Tapi, diperlukan juga tinta yang baik sebagai pendukungnya. Sablon DTG bisa menghasilkan desain persis, dan sesuai gambar. Namun, dari segi keawetan desain pada baju, diperlukan alat pendukung seperti tinta yang mahal dan terbaik itu tadi.
  • Sablon manual memiliki keunggulan bila desainnya sederhana, Ia mampu menghasilkan kualitas sablon yang baik. Terlebih, perihal tinta pun harganya masih bisa memakai yang umum. Soal ketahanan desain pun tidak perlu diragukan lagi.
sda-300x223 Kenali Perbedaan Sablon Manual Dan Sablon Dtg
contoh sablon manual Dengan desain sederhana

Sablon manual dapat memberikan kualitas sablon yang maksimal. Akan tetapi, perlu diingat bahwa hal itu pun bergantung pada kualitas orang yang mengerjakannya dan desainnya. Sebab diperlukan pengetahuan dan skill yang mumpuni untuk menghasilkan sablon yang baik.

 

  1. Kuantitas sablon
  • Sablon DTG: Berhubung DTG ini menggunakan mesin, tentunya ada kapasitas tertentu bila harus mencetak jumlah banyak dalam satu waktu. Terlebih, bila dipaksakan, dikhawatirkan hasil cetak jadi kurang maksimal dan menimbulkan kerusakan pada mesin.
  • Sablon manual itu “relative inexpensive for bulk order.” Jadi, untuk pembuatan partai besar sampai ribuan, sablon manual lebih unggul dalam menghasilkan cetakan sablon yang maksimal dan ekonomis.

 

  1. Variasi
  • Sablon DTG: Dalam hal ini, sablon DTG bisa saja menghasilkan sablon yang variatif, misal saja; sablon timbul. Namun, kualitasnya agak kurang maksimal. Apalagi bila mengerjakan secara masal.
  • Sablon Manual: Lain cerita dengan sablon manual, Ia unggul dalam hal membuat sablon timbul, rubber, pigment, dan variasi lainnya. Hanya saja, diperlukan skill yang mumpuni dari para pekerjanya, karena memang susah untuk mewujudkan sablon yang penuh variasi.
WhatsApp-Image-2018-10-25-at-08.50.38-300x194 Kenali Perbedaan Sablon Manual Dan Sablon Dtg
contoh variasi sablon manual, yaitu sablon HDC

Itulah beberapa perbedaan antara metode sablon DTG dan Manual. Perlu diketahui, agar bisa menghasilkan kaos sablon yang berkualitas, metode bukan segalanya. Namun aspek meterial dan alat juga dapat mempengaruhi hasil kaos yang diproduksi

 

 

About the author

Leave a Reply