0812-2078-1186
Line : kaoskeun

Desain Yang Pas Untuk Sablon Manual

Capture-300x226 Desain Yang Pas Untuk Sablon Manual
Proses sablon kaos manual

Pada prinsipnya kaos memiliki dua fungsi dasar. Fungsi pertama adalah sebagai kebutuhan dasar berpakaian. Zaman dulu kaos tidak memiliki fungsi lain , selain untuk melindungi tubuh dan menutupi aurat. Seiring berkembangnya zaman, kaos tidak lagi berfungsi hanya sebagai kebutuhan sandang saja. Jauh lebih dari itu kaos menjadi sebuah media untuk berekspresi. Bisa kita lihat dan perhatikan di belahan dunia manapun industri kaos sangat berkembang pesat. Hal ini dapat terjadi karena ada kebutuhan gaya hidup pada kaos. Bagaimana kaos bisa mengespresikan ide , gagasan, atau karakter seseorang.

Jika anda adalah brand owner, atau yang ingin memulai masuk di industri ini. Anda harus memperhatikan karakter dan tema apa yang anda akan berikan kepada pelanggan nanti. Dalam konveksi kaos terdapat dua jenis pembuatanya. Pertama adalah sablon manual, kedua adalah sablon printing Dtg (direct to garmen). Untuk jenis desain sablon manual anda harus benar-benar memperhatikan karakter yang bisa di di ekspresikan secara maksimal oleh sablon manual ini. Berikut krieteria desain yang bisa anda gunakan untuk jenis desain pada sablon manual.

 

 

 

  1. Jenis desain blok
Capturea-300x223 Desain Yang Pas Untuk Sablon Manual
contoh sablon blok simple

Untuk desain dengan karakter blocking, akan sangat bisa dimaksimalkan dengan jenis sablon manual. Hal ini karena pada sablon manual yang menggunakan jenis water base atau oil base sangat pas di gunakan untuk desain blok. Serapan yang tinta baik pada bahan kaos akan mempertajam kualitas gambar. Anda juga bisa menggunakan jenis jel (hiddensity) untuk membuat efek timbul pada desain. Namun anda sebaiknya menghindari jumlah warna yang terlalu banyak jika karakter desain anda blok. Selain pengerjaanya yang memakan waktu cukup lama, image yang di tampilkan juga akan kurang elegan.

 

 

 

  1. Jenis desain separasi/ gradasi

 

Capturerr-250x300 Desain Yang Pas Untuk Sablon Manual
contoh sablon gradasi, biasanya pada gambar raster

Untuk karakter desain separasi atau gradasi, hal yang harus anda perhatikan adalah resolusi gambar. Karena ini sangat bergantung pada hasil produksinya nanti. Sebaiknya anda menggunakan master gambar dengan size di atas 2 mb. Karena jika di bawah itu, saat setting pecah warna akan tidak maksimal. Detail-detail warna pada gambar bisa tidakĀ  keluar saat zomming. Akibatnya komposisi warna terbatas, sehingga tidak bisa menghasilkan hasil produksi kaos seperti yang anda harapkan.

 

Itulah tips untuk menentukan desain yang cocok untuk produk kaos anda. Dengan memahami karakter sablon manual, anda bisa menghasilkan produk yang lebih baik. Berkerjasa-samalah dengan konveksi kaos terbaik, untuk menghasilkan kaos terbaik.

About the author

Leave a Reply