0812-2078-1186
Line : kaoskeun

ternyata ini “dapur” produksi kaos distro

Hai guys kalian pernah penasaran gak si sama proses produksi baju/kaos yang kalian pakai ini. Ternyata proses produksi kaos ini tidak se-simple yang kalian bayangkan loh. Bisa dibilang susah-susah gampang deh  yuk kita intip proses produksi di konveksi kaoskeun.com berikut tahapan produksinya.

PERENCANAAN PRODUKSI

Proses produksi ini terbagi kedalam beberapa tahapan. Tahapan pertama dalam produksi kaos distro, kaos komunitas, kalos gathering  adalah tahap perencanaan produksi. Dalam tahap ini pembuatan desain penentuan warna bahan dan jumlah order akan didiskusikan sehingga mencapai kesepakatan (approval/acc).

WhatsApp-Image-2016-11-07-at-07.36.37-300x200 ternyata ini "dapur"  produksi kaos distro

PEMBUATAN DRAFT PRODUKSI

            Selanjutnya approval tadi akan di tuangkan ke dalam draft yang sering juga di sebut dengan form produksi. form ini berisikan tentang detail order seperti desain, warna bahan , jenis bahan yang di pakai, jumlah produksi dan size.

2-300x200 ternyata ini "dapur"  produksi kaos distro

CUTTING PROCESS

Tahapan selanjutnya dalam proses produksi adalah pemotongan bahan dan pembuatan pola. Divisi jait adalah divisi yang bertanggung jawab dalam proses ini. Bahan akan diukur dan dipotong sesuai dengan form produksi. Setelah pengkuruan selesai kemudian bahan akan dipotong mengikuti pola yang telah ada. dalam produksi kaos distro, kaos komunitas, kalos gathering  biasanya pola bahan terdiri dari ukuran xs hinggal xxxl.

3-1-300x200 ternyata ini "dapur"  produksi kaos distro

AFDRUK DAN SABLON PROSES

Tahapan selanjutnya adalah proses sablon. Dalam proses ini langkah pertama adalah membuat screen sablon. Untuk pembuatan screen ini desain di print kemudian di afdruk menggunakan kertas kalkir. Setelah screen selesai maka proses sablon bisa dimulai. Bahan yang telah menjadi kaos kemudian akan disablon sesuai dengan spesifakasi yang diinginkan. Dalam proses sablon ini, langkah terkahirnya adalah mengeringkan cat sablon dengan bantuan mesin shot gun.

karkir-300x169 ternyata ini "dapur"  produksi kaos distro

sablon-300x169 ternyata ini "dapur"  produksi kaos distro

PROSES JAHIT

Setelah potongan pola kain kaos selesai disablon, tahap selanjutnya adalah penjahitan kain. Penjahitan dilakukan oleh divisi penjahitan. Tahap penjahitan kaos dilakukan dengan menggunakan beberapa mesin, antara lain mesin jahit, mesin obras, mesin overdeck, tergantung dari bagian kaos yang dijahit (penjahitan krah dalam, berbeda dengan penjahitan lengan, misalnya) dan jenis jahitan yang diingankan.

6-300x200 ternyata ini "dapur"  produksi kaos distro

FINISHING PROCESS

Pada tahap ini dilakukan pengecekan hasil produksi jahitan kaos, seperti membersihkan kaos,  membuang dan merapikan benang, tahap pengecekan kualitas atau quality control, sehingga kaos yang lolos proses finishing ini adalah kaos yang benar-benar memiliki kualitas seperti yang diinginkan. Proses akhir dari produksi konveksi kaos adalah tahap pengemasan. Tahap ini bisa dilakukan dengan berbagai macam jenis kemasan. Kemasan plastik bening adalah kemasan yang banyak digunakan karena alasan kepraktisan dan ekonomis.

 

Nah gimana udah puas belum ? kalo belum cek langsung ya di galery kita. 🙂

About the author

Leave a Reply